Xavi Hernandez (Getty)

Seruu.com - Xavi Hernandez dinobatkan sebagai playmaker terbaik 2011 versi International Federation of Football and History (IFFHS). Awards ini merupakan kali keempat yang didapat gelandang kreatif milik Barcelona tersebut.

Seperti diwartakan Xinhua, Rabu (4/1/2012) Xavi jadi yang terbaik tahun ini setelah dipilih oleh para ahli dan wartawan dari 81 negara di berbagai kawasan belahan dunia.

Lokomotif serangan Barca tersebut mengalahkan  rekan setimnya Lionel Messi dan Andres Iniesta serta gelandang asal Jerman kepuanyaan Real Madrid, Mesut Ozil.

Sumbangsih Xavi bagi Barca memang tak perlu diragukan lagi, musim 2010/2011 pemilik skill yahud ini berhasil membawa Azulgrana menggondol double winner, La Liga dan Liga Champions.

Sementara di musim 2011/12, punggawa timnas Spanyol itu sukses menggiring klub asal Catalan merebut Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Antarklub. Trofi terakhir didapat Barca setelah menundukan klub Brasil, Santos di babak final di Jepang, Desember silam.

Pada pemilihan tersebut Xavi menjadi yang terbaik dari total 13 pemain Eropa dan 3 pemain Amerika Latin. Posisi paling buncit diraih Javier Pastore yang bermain di Paris Saint-Germain.

Negara Spanyol menjadi penyumbang terbanyak nominasi dengan lima pemain. Selain Xavi dan Iniesta, masih ada lagi David Silva, Xabi Alonso dan Cesc Fabregas. Sementara tiga pemain bermain di Inggris, tiga di Italia, tiga di Jerman dan satu di Prancis. [is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar