Luis Suarez (Tengah ) (Getty)
Di negara saya, kata 'negro' biasa digunakan dan kata itu tidak menunjukkan tidak adanya penghormatan. Berdasarkan ini, semuanya yang telah diberitakan sejauh ini, salah

Seruu.com - Liverpool mengatakan tidak akan mengajukan banding atas larangan bertanding selama delapan kali terhadap Luis Suarez.

 

Asosiasi Sepak bola Inggris, FA, mengenakan sanksi terhadap Suarez karena mengeluarkan pernyataan rasis kepada pemain belakang Manchester United Patrice Evra.

Namun dalam satu pernyataan keras, Liverpool menekankan bahwa Suarez tetap tidak bersalah atas dakwaan itu.

Liverpool juga mengatakan tetap mendukung langkah penuh "untuk meredam rasisme dalam setiap bentuk, di dalam dan luar olahraga."

Suarez juga mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan dia akan "menerapkan larangan atas seseorang yang tidak melakukan kesalahan."

Larangan itu langsung berlaku dan Suarez tidak ikut dalam kekalahan Liverpool 0-3 saat menghadapi Manchester City.

Laporan 115 halaman terkait insiden Suarez dan Evra itu menyebutkan striker asal Uruguay itu memberikan bukti yang tidak dapat dipercaya kepada badan yang menyelidiki kasus itu.

Kejadian itu terjadi pada saat pertandingan Liverpool menghadapi Manchester United yang berakhir 1-1 di Anfield tanggal 15 Oktober lalu.

Laporan juga menyebutkan Suarez "merusak citra sepakbola Inggris di seluruh dunia. Suarez disebutkan menggunakan kata "negro" tujuh kali pada waktu sekitar dua menit.

Namun Liverpool dalam pernyataan menyebutkan "panel FA merusak reputasi salah seorang pemain liga primer terbaik dengan memutuskan ia harus dihukum dan dikenakan larangan pertandingan seperempat musim pertandingan."

Liverpool juga mengatakan "tentu ada isu lebih besar di luar apakah Luis Suarez salah atau tidak."

"Sepak bola Inggris menunjukkan kepada dunia dengan menyambut pemain dari berbagai kewarganegaraan...dan Liverpool termasuk pelopor terkait isu rasial."

"Liverpool mendukung Luis Suarez karena kami percaya Luis pada hari itu terlibat dalam tindakan terkait rasisme."

Sementara itu, Suarez sendiri mengatakan ia "tidak pernah memiliki masalah rasisme dengan rekan satu tim atau siapapun yang berbeda warna kulit atau ras dengan saya."

"Di negara saya, kata 'negro' biasa digunakan dan kata itu tidak menunjukkan tidak adanya penghormatan. Berdasarkan ini, semuanya yang telah diberitakan sejauh ini, salah."

"Saya sangat kecewa karena merasa tidak berdaya dan dituduh sesuatu yang tidak pernah saya lakukan," tambah Suarez. [bbc]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar