Seruu.com - Widodo Cahyono Putro yang resmi ditunjuk oleh PSSI menjadi pelatih timnas U-21 langsung bergerak cepat membentuk yang akan diturunkan pada kejuaraan Piala Hanasah Bolkiah di Brunei Darussalam, 27 Februari hingga 5 Maret 2012.

Pada seleksi pertama di Lapangan PSSI Senayan, Jakarta, Sabtu, sedikitnya ada 45 pemain dari seluruh Indonesia yang diseleksi oleh jajaran pelatih, termasuk dipantau langsung oleh pelatih timnas senior Wim Rijsbergen.

"Kami hanya mempunyai waktu tiga hari untuk menyiapkan tim. Jadi belum semua pemain potensial bisa mengikuti seleksi ini," kata Widodo Cahyono Putro usai melakukan seleksi.

Menurut dia, singkatnya waktu seleksi timnas U-21 karena batas pendaftaran pemain untuk mengikuti kejuaraan di Brunei Darussalam sudah mepet, yaitu 10 Januari nanti. Dengan demikan, tinggal dua hari lagi untuk melakukan seleksi pemain.

Pada seleksi di bawah guyuran hujan yang cukup deras, para pemain yang berasal dari kompetisi IPL, Divisi Utama maupun Divisi I langsung menunjukkan keahliannya dalam bermain bola.

"Kita lihat dulu `skill` dasar mereka serta visi dalam bermain. Untuk materi akan kami berikan besok, Minggu (8/1)," ucapnya, menambahkan.

Ia menjelaskan, meski baru menyeleksi, jajaran pelatih telah melihat ada beberapa pemain yang memiliki kemampuan yang cukup menonjol. Hanya saja jajaran pelatih belum bisa langsung memutuskan pemain yang akan memperkuat timnas U-21.

Untuk menghadapi Piala Hasanah Bolkiah, pihaknya menjaring sebanyak 25 pemain yang selanjutnya akan menjalani pemusatan latihan (TC) yang rencananya dilakukan mulai 16 Januari nanti.

"Untuk lokasi TC belum ditentukan. Saat ini baru fokus menyeleksi pemain saja. Yang jelas kami berusaha mencari pemain yang terbaik," ujar mantan asisten pelatih timnas senior dan U-23 itu.

Widodo mengaku, jika pemain timnas U-21 yang saat ini masih diseleksi mempunyai kemampuan lebih, setelah kejuaraan berakhir pemain itu akan berpeluang masuk timnas yang diproyeksikan untuk SEA Games 2013 di Myanmar.

Ditanya statusnya barunya sebagai pelatih, mantan striker timnas itu mengaku sudah sah meski saat ini belum mendapatkan SK dari PSSI. Dirinya oleh PSSI langsung disuruh bekerja guna menyiapkan timnas U-21. Federasi sepak bola juga telah menunjuk Indra Syafri sebagai pelatih timnas U-17.
[ndis]

Peraturan Komentar