Timnas Senior

Jakarta, Seruu.com - Nama-nama pemain Timnas U-21 Indonesia yang akan dibawa ke Piala Sultan Hasanal Bolkiah 2012, akan ditentukan pada hari terakhir seleksi, yakni Selasa (10/1/2012). Demikian juga nama-nama pemain Timnas U-17 Indonesia yang akan dibawa ke Youth Football Invitation Tournament di Hongkong, pada 27-29 Januari nanti.

Pemantau Bakat PSSI, Sarman Panggabean, Senin (9/1) sore, menjelaskan, saat ini ada sekitar 60 pemain muda di bawah usia 20 yang akan dijadikan pemain Timnas U-21 Indonesia. Namun demikian, mereka harus melalui sekali seleski lagi di Lapangan Timnas PSSI Senayan pada Selasa (10/1) pagi, atau beberapa jam sebelum resmi didaftarkan ke Piala Sultan Hasanal Bolkiah 2012.

Panitia Piala Sultan Hasanal Bolkiah menetapkan tanggal 10 Januari 2012 sebagai batas akhir pengiriman nama-nama pemain tim nasional. Namun, PSSI memaksimalkan proses seleksi untuk mendapatkan pemain yang lebih berkualitas lagi. Nantinya, hanya 25 pemain yang akan didaftarkan mengikuti Piala Sultan Hasanal Bolkiah 2012.

Diungkapkan Sarman Panggabean, pihaknya memberi masukan kepada pelatih Timnas U-21 Indonesia, Widodo C. Putro, untuk menyaring pemain yang benar-benar berkualitas. “Kami sangat berharap kepada pelatih Widodo untuk mendapatkan pemain berkualitas,” kata dia.

Sarman juga mengungkapkan minimnya pemain yang memiliki kemampuan pengatur serangan dalam seleksi yang digelar di lapangan Timnas PSSI Senayan. Dalam pantauannya, hanya ada satu pemain yang memiliki kemampaun itu, yakni Imrah dari Semen Padang.

“Kalau dilihat postur tubuhnya, dia (Imran) memang tak layak masuk skuad tim nasional. Tetapi, jangan tanya kemampuan dia, luar biasa. Kemampuannya di atas rata-rata pemain lainnya, dan saya kira dia akan menjadi pemain yang akan mengisi posisi playmaker. Indonesia itu selalu kekurangan playmaker,” kata dia.

Sementara itu, Timnas U-17 Indonesia yang juga telah melakukan seleksi pemain di Lapangan Timnas PSSI, juga akan mengumumkan nama-nama pemain yang akan di bawa ke Youth Football Invitation Tournament di Hongkong, pada Selasa (10/1). Tim muda Indonesia ini akan mendapat penanganan langsung dari pelatih Indra Syarif. [ndis]

Peraturan Komentar