Lionel Messi (AP)

Seruu.com - Megabintang Barcelona Lionel Messi meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or alias Pemain Terbaik Dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut setelah kembali mendapatkan awards tersebut untuk edisi tahun 2011.

Dalam gala di markas FIFA, Zurich, Selasa (10/1/2012) dinihari WIB, Messi terpilih sebagai pesepakbola yang berhak menggondol penghargaan paling bergengsi di dunia sepakbola mengalahkan koleganya di Barcelona, Xavi Hernandez dan rivalnya milik Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Ini merupakan raihan Ballon d'Or ketiga kali Messi secara berturut-turut, atau yang kedua kali secara beruntun sejak penghargaan Ballon d'Or ini merger dengan Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Striker timnas Argentina ini  memang difavoritkan akan meraih penghargaan bergensi ini setelah membawa Barcelona meraih hat-trick Primera Liga Spanyol pada 2011 dan dua kali juara Liga Champions dalam tiga tahun terakhir.

Messi mampu mengalahkan dua rekannya di Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi, meski mereka sempat bersinar di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan bersama timnas Spanyol.

Barcelona mampu menjuarai Primera Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, meski kalah dari Real Madrid di final Copa del Rey.

Messi memang unggul secara gelar dari Ronaldo sepanjang 2011. Bintang asal Argentina itu mengumpulkan lima gelar dalam satu tahun setelah mampu membawa Barca menjuarai Piala Super Spanyol, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Raihan hat-trick Ballon d'Or Messi ini menyamai torehan Michel Platini (satu-satunya pemain lain yang juga pernah meraih hat-trick secara beruntun), Johan Cruyff dan Marco van Basten.
 
Nyawa permainan Azulgrana ini telah mencetak 59 gol dari 70 penampilan untuk klub dan negara sepanjang 2011, 55 gol di antaranya dicetak untuk Barcelona dalam 57 penampilan. Ia juga menciptakan 35 assist sepanjang tahun itu. [is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
Peraturan Komentar