Roberto Donadoni (Getty)

Seruu.com - Mantan pelatih timnas Italia Roberto Donadoni ditunjuk sebagai pelatih atau allenatore baru klub Serie A AC Parma. Donadoni menggantikan posisi Franco Colomba yang dipecat menyusul kekalahan telak yang diderita Parma 0-5 dari Inter Milan, Sabtu akhir pekan lalu di Giuseppe Meazza.

 

Hasil tersebut adalah kekalahan telak Parma yang ketiga musim ini di bawah Colomba setelah sebelumnya ditundukkan AC Milan dan Juventus, masing-masing dengan skor 1-4.

Sebagaimana diwartakan BBC, Selasa (10/1/2012) Colomba menjadi pelatih ke-11 di Serie A Italia yang kehilangan pekerjaan musim ini.

Cagliari dan Palermo bahkan dua kali mengganti pelatih dalam beberapa bulan terakhir. Pemecatan paling spektakuler dilakukan Inter ketika memberhentikan Gian Piero Gasperini.

Gasperini menjabat hanya selama empat pertandingan dan digantikan oleh Claudio Ranieri.

Donadoni menjadi orang nomor satu di timnas Italia pada 2006-2008. Dalam enam bulan terakhir ia tidak memiliki pekerjaan sejak diberhentikan oleh Cagliari.

Beberapa kalangan mengatakan meski pernah menjadi bos di timnas Italia, Donadoni sebenarnya belum mencatat sukses besar di tingkat klub.

Ia pernah melatih Livorno, Genoa, Napoli, dan Cagliari. Di bawah asuhan Donadoni, klub-klub tersebut gagal meraih piala atau sukses besar.

Di tingkat nasional Donadoni mengantarkan Italia maju ke babak perempat final Piala Eropa 2008, sebelum disingkirkan Spanyol, yang akhirnya keluar sebagai juara.

Usai Piala Eropa posisinya di timnas Italia digantikan oleh Marcello Lippi.

Di Parma, Donadoni menandatangani kontrak untuk 18 bulan. Parma untuk sementara berada di posisi 15 klasemen Serie A. [bbc/footballitalia]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar