Papiss Demba Cisse (Getty)

Seruu.com -  Newcastle United mendatangkan muka baru di bursa transfer Januari ini, The Magipes menggaet penyerang asal Senegal Papiss Demba Cisse dari Frieburg. The Toon Army mengikat striker lincah tersebut dengan kontrak berdurasi lima setengah tahun.

Tidak sebutkan berapa besar ongkos transfer yang dibayar untuk pemain umur 26 tahun ini, yang kontraknya diteken sesaat menjelang kepergiannya ke Afrika untuk turut bermain dalam perebutan Piala Afika. Di sana Cisse akan bergabung dengan pemain sesama rekan di Newcastle, Demba Ba, untuk timnas Senegal.

Cisse sebelumnya membukukan sembilan gol dalam 15 laga di Budesliga sepanjang musim ini dan akan mengenakan kaos bernomor punggung sembilan di klub barunya.

"Merupakan kehormatan untuk bermain bagi klub sebesar ini," komentarnya setelah teken kontrak sebagaimana dikutip dari ESPN, Rabu (18/1/2012).

Cisse akan mengikuti sejarah panjang pemakai kostum nomor sembilan di Newcastle, termasuk diantaranya Hughie Gallacher, Jackie Milburn, Wyn Davies, Malcolm MacDonald, Mick Quinn, Andy Cole, Les Ferdinand dan Alan Shearer, yang hampir seluruhnya menjadi pemain favorit di Tyneside.

Cisse juga mencatat tujuh gol dalam 12 laga internasional untuk timnas Senegal serta menyarangkan satu gol penentu saat negerinya menang 1-0 dari Kenya dalam partai persahabatan menjelang Piala Afrika. Perhelatan akbar sepakbola Afrika ini akan dilangsungkan di Guinea dan Gabon Sabtu ini.

"Saya berterimakasih pada semua pihak atas sambutan yang saya terima untuk undangan bergabung dengan klub," tambah Cisse.

"Saya ingin membayar kepercayaan yang diberikan klub pada saya dan akan memberikan pada para pendukung sesuatu yang membanggakan mereka. Saya sadar betul pentingnya kostum nomor sembilan ini, karena saat bicara pada manager, dia menegaskan betapa pentingnya kaos ini."

"Saya akan perlakukan (kostum) ini dengan penuh hormat dan berharap bisa menyumbang yang terbaik dengan memakainya."
'Pilihan pertama'

Meski harga Cisse ditaksir mencapai £14 juta (Rp194 miliar) musim panas lalu, namun Newcastle diduga hanya membayar £10 juta (sekitar Rp140 miliar) untuk posisi pengganti Andy Carroll, yang pindah ke Liverpool dengan uang transfer sekitar £35 juta (Rp487 miliar) pada transfer 2011 lalu.

Bos Newcastle Alan Pardew mengakui bahwa "Sejak Andy Carroll pergi, Papiss adalah pilihan pertama"-nya untuk posisi striker.

"Dia adalah pemain penentu dengan rekam jejak yang sudah jelas di Bundesliga, di mana kami amati dia sepanjang dua tahun terakhir."

Namun menurut Pardew dalam jendela transfer tahun lalu, kubunya tak punya dana untuk membeli Cisse.

"Jelas bahwa musim ini baik tim maupun klub sudah berprestasi sangat baik, sehingga Mike Ashley mendukung niatan memboyong Cisse masuk klub."

"Dalam jangka pendek ini, tentu saja, dia harus ikut Piala Afrika, tapi begitu bergabung dalam kompetisi nanti dalam tim nanti dia akan menjadi inspirasi pemain lain dan meyakinkan mereka tentang ambisi klub ini." [bbc/espn]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar