Ole Gunnar Solskjaer (Getty)

Seruu.com - Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson menilai mantan anak didiknya yang dijuluki Super Sub, Ole Gunnar Solskjaer layak menjadi pesaing pelatih lain untuk menggantikan posisinya setelah ia pensiun dari United.

Fergie, sapaan akrab Ferguson kini berusia 70 tahun dan  diperkirakan pensiun sekitar tiga tahun lagi. Sempat beredar kabar Pep Guardiola atau Jose Mourinho akan menjadi penggantinya Old Trafford. Namun Sir Alex juga mempertimbangkan mantan anak asuhnya, Ole Gunnar Solskjaer, juga berpeluang menggantikan posisinya nanti.

"Saya pikir masalah bagi pemain dewasa ini adalah ketika mereka sampai ke akhir karier, mereka memutuskan menjadi pelatih karena tidak punya hal lain dalam pikiran mereka dan mereka menilai bisa melakukannya. Sedangkan Ole sudah sejak usia dini mempersiapkan diri menjadi pelatih atau manajer. Jadi, ia telah memberikan dirinya kesempatan yang lebih baik daripada yang lain," ujar Sir Alex seperti dikutip ESPNStar, Rabu (18/1/2012).

“Ole merupakan salah satu professional yang selalu mengambil pelajaran baik di sesi latihan maupun pertandingan,” puji pelatih berdarah Skotlandia ini.

Solskjaer, yang kerap disebut 'Baby Faced Assassin' yang sempat mengisi kursi pelatih tim cadangan United selepas pensiun dari 2007 lalu, telah membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih hebat. Dia mengantar Molde menjadi juara Liga Norwegia di tahun pertama kepelatihannya.

Keberhasilan Solskjaer bersama Molde tersebut membuatnya menjadi mantan pemain MU pertama yang sukses berkarir sebagai pelatih. Beberapa nama seperti Steve Bruce, Mark Hughes atau Roy Keane yang bersinar saat menjadi punggawa MU belum bisa sukses saat berkarir sebagai pelatih.

"Dia telah mendapatkan ketangguhan batin, tak ada keraguan tentang itu. Dia adalah pria baik," ujar Fergie. "Jika Anda pergi ke klub Norwegia yang belum pernah juara dalam sejarah mereka dan akhirnya Anda berhasil memenangi liga, maka Anda harus memiliki sesuatu yang istimewa untuk melakukan itu," tutup Fergie.

Bersama MU, Solskjaer merupakan salah satu pemain yang sukses. Selama sembilan musim bergabung bersama Setan Merah penyerang asal Norwegia itu telah mencetak 91 gol dari 235 penampilan, dimana salah satunya dicetak ke gawang Bayern Muenchen di final Liga Champions 1999, yang membuat MU meraih treble winners. [espn/is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar