Eric Abidal merayakan selebrasi bersama rekannya usai membobol gawang Madrid (Reuters)

Seruu.com - Barcelona mempecundangi musuh abadinya Real Madrid di El Clasico pada leg pertama perempat-final Copa del Rey ,Kamis (19/1/2012) dinihari WIB. Barca berjaya di Santigo Bernabeu, tertinggal lebih dulu, Barca mampu bangkit dan mengakhiri laga dengan keunggulan 2-1.

Madridista yang menjejali Bernabeu bersorak kegirangan setelah aksi memukau Cristiano Ronaldo berbuah gol saat laga berjalan sebelas menit. Sodoran matang Karim Benzema dari tengah lapangan dengan sempurna dilesakkan Ronaldo yang berhasil melewati bek Gerard Pique. Kiper Jose Pinto tak berdaya menahan laju si kulit bundar yang sempat melewati kedua kakinya.

Tertinggal satu gol, Barca tidak panik, Lionel Messi cs meresponnya dengan meningkatkan serangan. Peluang emas diperoleh Barca di menit ke '16, saat passing Cesc Fabregas mengarah ke area penalti. Alexis Sanchez nyaris menjebol gawang Iker Casillas, tapi bola sundulannya masih membentur mistar gawang.

Lionel Messi hampir menyamakan kedudukan di pertengahan babak pertama, tapi tendangan terlalu lemah sehingga gawang Casillas tidak kebobolan lagi. Hingga turun minum, keunggulan Madrid belum terbantahkan.

Barca akhirnya benar-benar mampu menyamakan skor ketika babak kedua berjalan empat menit lewat tandukan keras Carles Puyol. Tendangan sudut Xavi Hernandez mengarah ke kotak penalti Madrid, datang dari belakang Puyol sembari terbang menyambutnya dan menggetarkan gawang Madrid, kawalan Iker Casillas.

Pasca gol Puyol, Barca kian mendominasi dan setelah serangkaian serangan terpatahkan, tim asuhan Pep Guardiola akhirnya berhasil membalikan keadaan di menit '78.

Aksi ciamik Messi mengelabui para pemain Madrid diakhiri dengan umpam chip menawan disambar Eric Abidal yang lolos dari jebakan offside. Bek Prancis yang baru meneken kontrak anyar itu mengontrol bola dengan dada dan melepaskan tembakan dari jarak dekat untuk memperdayai Casillas. Skor 2-1 bertahan hingga laga rampung.

Dengan kemenangan tersebut, Barca menjadi tim pertama yang tampil tujuh kali berturut-turut di Bernabeu tanpa terkalahkan dan kemenangan ini juga menjadi modal berharga sekaligus meringankan langkah Barca menembus semifinal.

Leg kedua yang dihelat di Camp Nou  25 Januari mendatang Barca hanya butuh hasil imbang saja untuk lolos ke fase semifinal.

Di San Memes, Athletic Bilbao  meraih modal berharga dengan menekuk Real Mallorca 2-0 di leg pertama. Fernando Llorente membuka gol bagi tuan rumah 10 menit sebelum babak pertama usai.

Tandukan Llorente meneruskan crossing Oscar de Marcos. Iker Muniain menggandakan keunggulan  Bilbao di menit '59.

Leg kedua giliran Bilbao melawat ke maekas Mallorca Iberostar Stadium 25 Januari 2012 mendatang. [is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (2 rates)
Rating
Peraturan Komentar