Javier Balboa rayakan selebrasi (Reuters)

Seruu.com - Para pemain  Equatorial Guinea mendapat guyuran bonus 1 juta dolar secara tunai setelah sukses menuai kemenangan di pentas Piala Afrika 2012. Berhadapan dengan Libya di partai pertama Grup A sekaligus laga pembukaan Piala Afrika 2012, Equatorial membungkam Libya denagn skor tipis 1-0.

Bonus 1 juta dolar sendiri datang dari kocek  Teodoro Obiang, anak dari presiden Equatorial Guinea.

Gol kemenangan Equatorial di laga yang dihelat di Bata Stadium, Minggu (22/1/2012) dinihari WIB, dilesakan oleh Javier Balboa pada menit ke '87. Akedo Chigozirin dengan cerdik memberikan umpan terobosan pada Javier Balboa, dan mantan pemain Real Madrid tersebut dengan mudah menaklukkan kiper Libya Samir Aboud.

Sementara itu di partai Grup A lainnya di tempat yang sama, favorit juara Senegal secara mengejutkan menelan kekalahan. Tim bertabur bintang itu takluk dari Zambia dengan skor tipis 1-2.

Dua gol Zambia dicetak Emmanuel Mayuka (menit ke '12) dan Rainford Kalaba ('20). Senegal memperkecil kekalahan lewat gol pemain cadangan Dame Ndoye menit ke '74.

Bagi Zambia, kemenangan ini terasa spesial dan dipersembahkan untuk para korban musibah kecelakaan pesawat timnas negeri itu yang jatuh di laut dekat Bata dengan menelan korban tewas 30 orang dari seluruh penumpangnya.

Piala Afrika 2012 dibuka dengan upacara pembukaan dan pidato Presiden Guinea-Ekuatorial Teodoro Nguema Obiang Mbasogo yang menghabiskan waktu beberapa menit, hingga menyebabkan kick off laga tertunda tujuh menit dari jadwal.

Turnamen dua tahunan antarnegara Afrika itu diikuti 16 negara, yang dibagi dalam empat grup. Juara bertahan Mesir dan tim-tim kuat macam Nigeria, Kamerun, serta mantan tuan rumah dan peserta Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Aljazair tidak lolos.

Hari Minggu ini atau Senin dinihari WIB, berlanjut laga Grup B di Malabo, Guinea-Ekuatorial: Pantai Gading vs Sudan dan Burkina Faso vs Angola. [espn/is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar