Logo PSSI (Ist)

Seruu.com - PSSI secara resmi menggulirkan kompetisi Divisi III, yang merupakan kompetisi khusus untuk pemain U-19, di Jakarta, Selasa (24/1/2012).

"PSSI merancang kompetisi amatir akan digunakan sebagai ajang mematangkan bibit-bibit muda sepak bola Tanah Air. Sebab, Divisi I ditetapkan sebagai ajang berkompetisi bagi pemain U-23, Divisi II untuk U-21 dan sedangkan Divisi III untuk U-19. Dua level kompetisi terbawah, sesuai rencana, yakni pada Januari 2011," kata Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, dalam pertemuan Pengprov PSSI se- Indonesia.

Sebelumnya, PSSI telah menggulirkan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) Divisi Utama dan Divisi I.

Menurut Djohar, PSSI akan membiayai semua perangkat pertandingan. Hal itu dilakukan agar tidak memberatkan pihak penyelenggara di masing-masing daerah. Selain untuk meringankan beban panitia lokal, sekaligus antisipasi adanya kecurangan demi kecurangan.

"Sekarang PSSI yang membayar wasit. Semua perangkat pertandingan yang bayar PSSI. Itu agar tidak lagi berpihak pada tuan rumah. Sebab dulu, yang bayar itu adalah klub tuan rumah. Jadi gampang adanya tindak kecurangan," katanya.

Sementara itu, secara simbolis, PSSI memberikan bantuan sebesar Rp175 juta yang diterima Pengprov Jawa Barat untuk menyelenggarakan kompetisi Divisi III.

"Sekali lagi, uang bantuan ini bukan dibagi-bagikan untuk klub, namun untuk panitia penyelenggara pertandingan. Sehingga, klub-klub yang berjumlah 26, hanya perlu datang dengan membawa pemain dan bertanding, tanpa harus memikirkan biaya lapangan, operasional, wasit, pengawas pertandingan dan lain-lainnya," kata Wakil Ketua I Pengprov Jawa Barat, Agus Yasmin.

Agus menambahkan untuk wilayah Jawa Barat, pertandingan akan digelar di Lapangan Pusdik Cimahi, kota Cimahi.

"Pekan depan, kami akan menyelenggakan serentak di enam lapangan milik Pusdik Kodam Cimahi. Itu merupakan bentuk kerja sama KONI Kota Cimahi dan Kodam," katanya.

Sementara itu, Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi, Saleh Mukadar, menegaskan bahwa PSSI tidak akan memberikan toleransi kepada klub-klub amatir Divisi I dan II jika terbukti menyeberang mengikuti kompetisi tidak resmi di luar PSSI.

"PSSI akan menindak tegas mereka bila benar-benar akan mengikuti kompetisi tidak resmi," kata Saleh Mukadar

Dia mengatakan PSSI akan menindak tegas klub tersebut dengan menjatuhkan hukuman yang sangat berat yakni degradasi ke divisi di bawahnya. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar