Pele (Reuters)

Seruu.com - Legenda sepak bola dunia, Pele, sepertinya tak pernah bosan merilis pernyataan kontroversial. Kali ini eks striker timnas Brasil itu  membanding-banding klubnya semasa ia jaya, Santos, dengan klub terbaik dunia saat ini, Barcelona.

Tak bisa dipungkiri, Barca secara luas diakui sebagai tim sepakbola terbaik sejagad saat ini, permainan tiki tiki yang menawan yang diperagakan armada Azulgrana asuhan Pep Guardiola banyak menuai pujian dan banyak pula menghasilkan gelar.

Setelah beberapa waktu lalu merendahkan bintang Barca, Lionel Messi, kali ini Pele membandingkan kekuatan Barca saat ini dengan Santos pada era di mana dia bermain. Menurut Pele, permainan Santos pada era 1960an tak kalah cemerlang dari El Barca.

“Ada satu waktu, antara 15 atau 20 tahun lalu, di mana permainan (sepak bola) lebih defensive. Tapi secara teknik masih sama,” Pele memulai cerita seperti dikutip ESPN, Rabu (25/1/2012).

“Kita sedang membicarakan tim Barcelona saat ini. Tapi, kita tidak ingat bahwa Santos di era 60an, juga punya tim fantastis yang bisa mendominasi dunia dalam kondisi sepak bola yang hampir sama seperti sekarang,” sambung Pele memuji kekuatan tim yang diperkuatnya dari 1956-1974 ini.

Lebih jauh, Pele juga menolak membanding-bandingkan dirinya dengan Lionel Messi. Namun, kali ini Pele secara sportif menyatakan bahwa Messi merupakan pemain hebat.

“Messi pemain yang fantastis. Sangat menyenangkan bisa melihatnya beraksi di lapangan,” sanjung pemain bernama lengkap Edison Arantes do Nascimento ini.

“Saya sangat menghormati Messi, sama seperti rasa hormat saya kepada (Johan) Cruyff, (Franz) Beckenbauer atau (Michel) Platini,” imbuhnya menyetarakan Messi dengan sejumlah pemain legendaris dunia tersebut.

“Namun, masing-masing dari mereka punya kepribadian sendiri. Saya bahkan tidak ingin membanding-bandingkan Messi dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo karena mereka punya gaya yang berbeda,” tutnas pria berusia 71 tahun ini. [espn/goal]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar