Marouane Fellaini cs rayakan selebrasi (Reuters)

Seruu.com - Everton tekuk Fulham 2-1 pada putaran keempat Piala FA di Goodison Park, Liverpool, Jumat (27/1/2012) malam waktu setempat. Sundulan Marouane Fellaini di babak kedua membawa Everton babak 16 besar Piala FA.

Danny Murphy membuat Fulham unggul melalui titik penalti setelah bek Everton Johnny Heitinga dihukum atas memegang bola dengan tangan (handball) di kotak penalti.

Kemudian, Denis Stracqualursi membuat gol penyeimbang melalui sundulan kepala setelah menerima umpan silang (assist) dari Landon Donovan.

Fellaini membuat gol kemenangan dengan sundulan kepala setelah menerima umpan silang dari Donovan juga.

Everton belum pernah mengalahkan Fulham di Piala FA sebelumnya, dimana the Cottagers (julukan untuk tim Fulham) memenangi seluruh pertemuan sebelumnya di kompetisi Piala FA ini.

Pasukan Martin Jol musim ini tampil menyedihkan pada saat bermain tandang, Fulham hanya memenangkan laga tandang pada bulan Oktober lalu ketika melawan Wigan.

Meskipun demikian, tim tamu mengawali pertandingan lebih baik ketimbang Everton setelah Heitinga dihukum karena memegang bola di area penalti.

Pemain bertahan internasional Belanda menghadang tendangan Chris Baird dan bola kemudian bergulir mengenai tangannya, wasit Howard Webb tanpa ragu menunjuk titik putih.

Murphy mengambil tendangan penalti dengan tenang untuk mengecoh kiper Everton, Tim Howard, bergerak ke sisi yang berlawanan dan menghasilkan gol keenamnya di musim ini.

Everton meningkatkan permainan setelah gol penalti, dan menyadarkan mereka setidaknya harus menciptakan gol penyeimbang agar tetap bermain di Piala FA, ketika sundulan Shane Duffy dari jarak dekat melenceng setelah menerima umpan silang Magaye Gueye.

Stephen Kelly menjadi pahlawan dengan menghalau sundulan Duffy keluar lapangan, tetapi tekanan Everton tetap berlanjut.

Donovan membuat ruang di sisi kanan sebelum mengirimkan umpan untuk Stracqualursi, membuat kiper Stockdale tidak memiliki kesempatan untuk menghalau bola.

Everton terus menekan pada awal babak kedua tetapi kesigapan Stockdale sekali lagi menghalau Stracqualursi, kiper Fulham melompat untuk mengambil bola dari kaki Stracqualursi.

Andy Johnson mengawali penampilannya di tahun 2012 tetapi aksinya ketika tembakan lemahnya terhadap Howard dari dalam kotak penalti.

Pertandingan terlihat akan berakhir seri, tetapi Donovan mengantarkan umpan sekali lagi. Phil Neville mengirimkan umpan kepada Donovan di sisi kanan dan dia mengirimkan umpan silang yang sempurna kepada Fellaini kemudian menyundul bola melewati Stockdale.

Jol memasukkan Bobby Zamora sebagai usaha untuk mencari gol penyeimbang tetapi tidak berhasil untuk meneruskan peluang Fulham bertahan di Piala FA.

Asisten manajer Everton, Steve Round, berkomentar, "Kami pantas memenangkan pertandingan, kami memiliki peluang yang lebih baik."

"Tim kami menunjukkan semangat bertanding untuk memenangkan pertandingan di setiap menitnya," demikian Steve Round. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar