Pemain Gabon merayakan selebrasi (Getty)

Seruu.com - Sebuah gol dari  Bruno Zita Mbanangoye  lewat tendangan bebas brilian di masa injury time membawa Gabon meraih kemenangan 3-2 atas Maroko sekaligus memastikan tuan rumah Piala Afrika itu lolos ke perempat final dan memaksa Maroko yang merupakan tim favorit di Grup C tersingkir.

Gol dari Mbanangoye yang masuk sebagai pemain pengganti menjadi penentu kemenangan Gabon dalam duel dramatis. Gabon tertinggal lebih dulu setelah Housseine Kharja melesakan gol di menit '24.

Namun, Gabon mamu menyamakan skor pada menit '77 lewat Pierre-Emerick Aubameyang. Dua menit berselang Gabon membalikan keadaan setelah Daniel Cousin menjejalkan bola ke gawang Maroko.  

Keunggulan Gabon ternyata hanya bertahan sepuluh menit saja, pasalnya, Kharja kembali melesakan si kulit bundar di menit '90 waktu normal.

Namun, Gabon tidak menyerah dan gol Mbanangoye di menit kelima masa injury time membuat stadion di Libreville bergemuruh. Gol itu membawa Gabon menang 3-2.

Di laga  sebelumnya, Tunisia berhasil mengalahkan Niger 2-1. Youssef Msakni mengejutkan Niger dengan gol cepatnya saat laga baru berjalan tiga menit saja.

Namun keunggulan itu cuma bertahan lima menit usai William N'Gounou menyamakan skor menjadi 1-1. Di babak kedua, Issam Jemaa memastikan Niger berkemas lewat golnya di menit '89.

Dengan hasil ini, Gabon dan Tunisia berada di posisi pertama dan kedua klasemen dengan masing-masing mendapatkan enam nilai, namun Tunisia kalah dalam selisih gol. Keduanya akan berebut posisi juara grup di laga terakhir, 31 Januari.

Sedangkan,  Maroko dan Niger dipastikan tersingkir usai kalah di dua laga sebelumnya. Di pertandingan terakhir, keduanya akan saling berhadapan. [is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar