Daniel Agger rayakan selebrasi bersama koleganya (Getty)

Liverpool, Seruu.com - Gol bomber asal Belanda Dirk Kuyt dua menit jelang waktu  normal berakhir membawa Liverpool mempecundangi tamunya Manchester United  2-1 di babak keempat Piala FA dalam laga yang digelar di Anfield, Sabtu (28/1/2012). Kemenangan prestisius itu mengantarkan The Reds melaju ke babak kelima.

Tampil sebagai tuan rumah, Liverpool tampil lebih dominan di awal laga, peluang pertama lahir di menit ketiga. Gelandang The Reds Maxi Rodriguez melepaskan tendangan jarak jauh  setelah menerima umpan Steven Gerrard, sial sepakan Maxi secara gemilang ditepis kiper United, David de Gea dan hanya menghasilkan sepak pojok saja.

Menit '17,  United nyaris saja unggul lebih dulu ketika Antonio Valencia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Berhasil melewati hadangan bek Liverpool, Valencia menghujamkan sepakan ke pojok kiri gawang Pepe Reina, beruntung bagi Liverpool, bola menghantam tiang gawang.

Empat menit berselang, Liverpudlian, julukan fans Liverpool bersorak kegirangan setelah tim yang didukungnya berhasil mencetak gol. Adalah Daniel Agger yang berhasil merobek jala gawang De Gea lewat tandukan kepala memaksimalkan sepak pojok Gerrard.

Unggul satu gol, Liverpool mengurangi tekanan, situasi itu dimanfaatkan betul oleh United. Perlahan tapi pasti Setan Merah mulai mendominasi  dan mengembangkan permainannya dengan dimotori oleh gelandang veteran Paul Scholes.

Setelah beberapa kali usaha gagal berbuah gol,  United akhirnya berhasil mengejar ketertinggalan  pada menit '38. Kelalaian Jose Enrique membiarkan Rafael menguasai bola dan mengirim crossing berakibat fatal.

Kiriman umpan Rafael dari sisi kanan berhasil disambar tendangan voli Park ji-Sung, meski dijaga beberapa pemain bertahan Liverpool, gelandang asal Korea Selatan itu masih mampu menghujamkan sepakan voli yang mengoyak gawang Reina. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga jeda.

Selepas rehat, Liverpool mengambil inisiatif serangan, United tak tinggal diam, pasukan Sir Alex Ferguson pun meladeninya. Alhasil, jual beli serangan pun terjadi di awal paruh kedua, namun kedua kubu nampak kesulitan menembus pertahanan lawan masing - masing.

Kesempatan didapat striker United, Dany Wellbeck di menit '57, ia berhasil melewati Reina yang maju ke tepi kotak penalti, sayang laju bola terlalu deras sehingga dapat disapu Martin Kelly.

Menit '65 giliran Liverpool mendapat kans mencetak gol lewat tendangan bebas sang kapten, Gerrard. Namun, sepakan akurat Gerrard dapat diantisipasi dengan baik oleh De Gea.

Semenit berselang gawang Reina nayris saja kembali terkoyak oleh tendangan mendatar Michael Carrick. Beruntung bagi Reina, bola menyamping di sisi gawang.

Memasuki pertengahan babak kedua, manajer Liverpool, Kenny Dalglish melakukan pergantian dengan menarik Maxi, Gerrard dan Jamie Carragher. Dalglish memasukan Dirk Kuyt, Charlie Adam serta Craig Bellamy.

Kehadiran ketiganya membuat serangan The Reds lebih tajam dan variatif dan setelah berbai upaya selalu terpatahkan, Liverpool akhirnya berhasil memimpin satu gol tepat dua menit jelang laga usai lewat Kuyt.

Bermula dari tendanngan gawang Reina yang disambut tandukan Andy Carroll, bola kemudian bergulir ke sisi kiri kotak penalti United. Kuyt yang lepas dari penjagaan Peatrice Evra berhasil menguasai bola dan langsung melepaskan tendangan firtstime yang mengoyak gawang De Gea. Liverpool unggul 2-1.

Semenit berselang, Si Merah nyaris saja memperlebar skor, sayang tandukan Carroll meneruskan crossing Stewart Downing menhantam mistar dan bola rebound yang dicocor Kuyt hanya melebar beberapa centi meter saja dari gawang De Gea.

Akhirnya hingga wasit memberikan tambahan waktu 3 menit, skor 2-1 tetap tidak berubah.

Kemenangan ini disambut meriah fans Liverpool yang menjejali Anfield, kini Liverpool tinggal menunggu lawan yang dihadapi di babak kelima yang akan diundi pada Minggu (29/1/2012). Kemenangan ini juga memperpanjang tren positif Kuyt Cs, sebelumnya The Reds berhasil menembus babak final Piala Carling. [is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar