John Terry dan Anton Ferdinand berbut bola (Getty)

London, Seruu.com - Kapten Chelsea dan tim Inggris, John Terry, akan menghadapi gugatan atas tuduhan perbuatan tidak pantas terhadap penyerang Queens Park Rangers (QPR) Anton Ferdinand pada pertandingan Liga Primer pada Oktober 2011, saat kasusnya muncul sebelum persidangan di London, Rabu (1/2/2012).


Tim pengacara Terry, yang berulang kali membantah kliennya telah melakukan kesalahan, diharapkan dapat memasukkan berkas pembelaan sebelum sidang dimulai di Pengadilan Westminster London.

Jika Terry terbukti tidak bersalah, maka sidang tersebut akan ditunda hingga beberapa waktu ke depan. Kemunculan Terry pada sidang dengar tuntutan itu masih belum dapat dipastikan.

Desember 2011, pihak pelayanan penuntut di Inggris Crown Prosecution Service (CPS) menyatakan bahwa Terry terkena tuntutan atas pelanggaran umum rasial karena melontarkan komentar yang ditujukan untuk Ferdinand saat di lapangan selama kekalahan Chelsea 0-1 dari QPR.

CPS mulai mengambil tindakan setelah rekaman video insiden tersebut muncul di internet dan salah satu anggota CPS mengeluhkan bahwa Terry telah melontarkan kata-kata yang mengandung unsur rasisme terhadap Ferdinand.

Jika terbukti bersalah, Terry bisa dikenai sanksi hingga senilai 2.500 Poundsterling (atau setara Rp35,5 juta), yang hanya bernilai kecil dari honor mingguannya. Namun putusan bersalah itu dapat berdampak perjanjian dari pihak sponsor yang menyumbang ke Chelsea dan juga berpengaruh pada hubungan dengan rekan satu timnya di Chelsea.

Perbuatan tidak menyenangkan yang menyangkut rasisme telah berpengaruh banyak pada Liga Premier musim ini. Pemain tim Liverpool Luis Suarez mendapat larangan untuk bermain pada delapan pertandingan karena diduga melakukan tindakan rasis terhadap pemain Manchester United Patrice Evra pada Oktober 2011. Kasus tersebut telah ditangani oleh pihak otoritas sepak bola setempat.

Klub Sepakbola Chelsea telah berpangku tangan pada Terry, yang sudah lama menjabat sebagai kapten dan dipuja oleh penggemar tim Biru karena semangat dan komitmen permainannya di lapangan.

Terry absen saat pertandingan Chelsea melawan Swansea, pada malam menjelang persidangan kasus tersebut, karena mengalami cedera lutut. Sementara pelatih Andres Villas-Boas mengatakan, Senin (30/1), bahwa dia akan memberikan kesempatan bagi Terry untuk menyelesaikan masalah itu dan membersihkan namanya jika memang itu diperlukan.

Tuduhan terhadap kapten asal Inggris itu muncul di waktu yang tidak tepat, hanya empat bulan menjelang kejuaraan Euro 2012 yang berlangsung Juni mendatang.

Hingga kini, Terry diharapkan dapat menjalin hubungan baiknya dengan pemain MU Rio Ferdinand, kakak Anton Ferdinand.

"Saya akan berjuang mati-matian untuk membuktikan bahwa saya tidak bersalah," kata Terry pada Desember lalu, setelah CPS menuduh dirinya salah. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
Peraturan Komentar