Atlet berkumpul di sekitar kawah Olimpiade setelah itu menyala selama Upacara Pembukaan di Olimpiade 2012 Summer (AP Photo)

London, Seruu.Com - Perhelatan olahraga paling akbar di dunia, Olimpiade, ke-30 resmi dibuka oleh Ratu Elizabeth II, di Stadion Olimpiade, London, Jumat malam (27/07).

Usai dibuka oleh Ratu Elizabeth, api Olimpiade di stadion disulut oleh atlet-atlet muda Inggris, yang menggambarkan kemanfaatan Olimpiade untuk generasi muda.

Api ini dibawa masuk ke stadion oleh salah satu atlet legendaris Inggris Sir Steve Redgrave.

Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan tahun ini menandainya kembalinya Olimpiade ke London.

Rogge mengatakan di Inggris lahir semangat dan nilai-nilai olahraga modern.

Sebelum dibuka secara resmi para atlet dari seluruh negara berparade, diawali dari Yunani, negara tempat lahirnya Olimpiade, dan diakhiri oleh Inggris sebagai tuan rumah.

Rangkaian upacara pembukaan Olimpiade dibesut oleh sutradara Inggris yang meraih Piala Oscar melalui film "Slumdog Millionaire", Danny Boyle.

Rangkaian acara dibuka dengan lonceng raksasa yang dibunyikan juara Tour de France tahun ini, Bradley Wiggins.

Hadirin kemudian disuguhi adegan pembuka berupa suasana pedesaan Inggris, lengkap dengan kincir air, aneka tanaman, dan hewan ternak seperti domba.

Setelah itu tampil musik dan tari yang menggambarkan perjalanan sejarah Inggris, mulai dari Revolusi Industri, the Beatles, hingga ikon-ikon yang lekat dengan Inggris seperti Mr Bean dan James Bond.

Tampil pula aksi teatrikal yang diinspirasi dari novel laris karya J.K. Rowling, Harry Potter.

Boyle mengatakan upacara pembukaan mencerminkan kreativitas, kegembiraan, dan kemurahan hari rakyat Inggris.

Tak kurang dari 10.000 awak meramaikan prosesi upacara pembukaan yang dimulai pukul 21.00 waktu London.

Prosesi ini berlangsung selama tiga bulan dan diperkirakan ditonton oleh satu miliar pemirsa melalui layar kaca di seluruh dunia. [bbc/rn]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar