Kolo Toure (Getty Images)

Seruu.com - Liverpool telah mencapai kesepakatan secara prinsip dengan Kolo Toure, di mana sang pemain dipastikan akan bergabung dengan skuat The Reds pada 1 Juli mendatang.

Adapun Toure bakal didaftarkan Liverpool sebagai pemain mereka ketika kontraknya bersama Manchester City kadaluarsa.

Toure, 32 tahun, telah melanglangbuana di kompetisi Liga Primer Inggris setelah dirinya kenyang pengalaman bermain bareng tim seperti Arsenal dan City sejak 2002.

Pemain internasional Pantai Gading ini direkrut oleh Arsene Wenger dari klub kampung halamannya, ASEC Mimosas. Toure membuat debut bersama The Gunners pada 2002 dalam laga bertajuk Community Shield kontra Liverpool di Milennium Stadium.

Sejatinya Toure merupakan seorang gelandang yang juga cakap bermain sebagai fullback kiri, namun pada musim 2003/04 dia dialihkan menjadi bek tengah dan membantu Arsenal menjuarai liga tanpa terkalahkan. Torehan ini melengkapi catatan manisnya bersama Arsenal setahun sebelumnya di mana klub berhasil memenangkan Piala FA.

Pada 2005, Toure menambah raihan gelar gelar Piala FA untuk kedua kalinya, sebelum dia tampil heroik mencetak gol tunggal di dua semi-final kontra Villarreal yang lantas mengantarkan kegemilangan Arsenal mencapai final Liga Champions kontra Barcelona, meski pada akhirnya hanya keluar sebagai runner-up.

Setelah berpetualang di 200 pertandingan, Toure pun mengukuhkan dirinya sebagai salah satu bek tangguh di negeri Ratu Elisabeth. Manchester City pun mengakuinya dan memboyongnya pada musim panas 2009, dan langsung menunjuknya menjadi kapten.

Selama empat musimnya di Eastlands, dia telah mengangkat trofi Piala FA dan gelar liga untuk kesekian kalinya dalam catatan 100 penampilannya dengan seragam The Citizens.

Di pentas internasional, Toure telah mewakili Pantai Gading di dua putaran final turnamen Piala Afrika  dan Piala Dunia. Dia sudah membela negaranya lebih dari angka satu abad, dan telah menjadi kapten tim.

Bergabungnya Toure ke Liverpool akan menjadikan dirinya sebagai pemain Pantai Gading pertama yang dimiliki skuat arahan Brendan Rodgers.[gl/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar