Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo.

Jakarta, Seruu.com - Kompetisi Piala Eropa 2016 telah memasuki babak perempatfinal (8 besar). Pertandingan pertama di babak 8 besar Euro 2016 ini akan mempertemukan timnas Polandia vs Portugal yang akan digelar Jum’at (01/07) pukul 02.00 waktu setempat di Stadion Velodrome, Marseille.

Polandia untuk pertama kalinya berhasil lolos ke babak perempat final Euro 2016 setelah sukses mematahkan perlawanan Swiss melalui drama adu penalti di babak 16 besar setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal 2x25 menit plus 2x15 menit.

Keikutsertaannya di ajang Piala Eropa sejak tahun 1960 hingga 2004 selalu gagal selalu gagal di babak kualifikasi. Baru pada Piala Eropa 2008 di Austria dan Swiss, Polandia sukses menembus babak putaran final setelah sekian lama selalu terhenti di babak.

Pada Piala Eropa 2012, Polandia otomatis lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai tuan rumah bersama Ukraina. Dan sekarang, timnas Polandia yang dibesut Adam Nawalka sukses melaju ke babak perempatfinal (8 besar) untuk pertama kalinya.

Di Euro 2016 kali ini, Polandia di bawah asuhan pelatih Adam Nawalka, berhasil mencetak sejarah baru masuk dengan lolos ke babak perempatfinal dimana Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan menghadapi Portugal untuk merebut satu tiket ke babak semifinal.

Pertandingan melawan Portugal di babak perempatfinal ini merupakan ujian berat untuk lolos ke babak semifinal. Tak pelak, Lewandoski dan kawan-kawan harus berjuang keras dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik mereka.

Portugal yang pada Euro 2016 kali ini terseok-seok untuk sampai ke babak perempatfinal. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tidak pernah menang dan hanya mampu bermain imbang dalam tiga laga di babak penyisihan grup F.

Tim besutan Fernando Santos ini hanya berhasil finish di urutan ketiga Grup F dan bermodalkan keberuntungan saja untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 kali ini dengan status sebagai tim urutan ketiga terbaik.

Di babak 16 besar, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dengan susah payah dan harus bermain hingga 120 menit untuk memperoleh kemenangan di babak 16 besar melawan Kroasia. Hanya keberuntungan yang mengantarkan Portugal akhirnya lolos ke babak perempatfinal.
 
Namun demikian, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo bukanlah tim kacangan yang bisa diremehkan begitu saja. Mereka punya senjata rahasia yang bisa meledak kapan saja, ada Pepe yang tangguh di barisan pertahanan serta duet Ronaldo dan Nani yang siap mengobrak-abrik barisan pertahanan Polandia.

Portugal punya catatan cukup baik di ajang Piala Eropa mengingat catatan rekor mereka yang sudah empat kali menembus babak semi final dari lima kali kesempatan. Apalagi ini merupakan kesempatan terbaik bagi Ronaldo untuk bisa menjadi juara di ajang ini.

Menghadapi Polandia pada Jum’at dini hari besok, Portugal pasti akan menurunkan kekuatan penuh meraih tiket ke babak semi final untuk ke 5 kalinya. Fernando Santos kemungkinan tetap akan menerapkan formasi 4-4-2 dan menurunkan pemain yang sama seperti laga terakhir mereka.

Di kubu Polandia, Wojciech Szczesny kemungkinan besar akan absen akibat cedera yang dialaminya, namun ada Lukasz Fabianski yang tampil bagus di laga terakhir melawan Swiss. Robert Lewandowski yang belum pernah mencetak gol akan menunjukkan tajinya di depan gawang Portugal.

Head to Head

Kedua timnas ini telah pernah berhadapan sebanyak 10 kali, dimana Portugal menang 4 kali dan Polandia menang 3 kali, sementara 3 laga lainnya berakhir imbang. Keduanya belum pernah berhadapan di ajang Piala Eropa.

Prediksi Susunan Pemain,

Polandia (4-4-2): Fabianski; Piszcsek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk; Blazczykowski, Krychowiak, Maczynski, Grosicki; Milik, Lewandowski.

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Soares, Pepe, Fonte, Guerreiro; Mario, Silva, Carvalho, Gomes; Ronaldo, Nani.

Prediksi Pertandingan,

Kedua tim punya peluang yang sama untuk saling mengalahkan. Faktor Ronaldo di kubu Portugal maupun Lewandowski di kubu Polandia akan menjadi penentu kemenangan. Siapa diantara kedua pemain itu yang lebih sukses menjadi motor penyerangan akan membuat perbedaan signifikan di laga ini.

Portugal pasti sedikit lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini, namun barisan pertahanan Polandia yang baru hanya kebobolan 1 gol sejak di babak penyisihan Grup C sepertinya akan mampu membuat Ronaldo dkk frustrasi.

Skor 1-1 di 2x90 menit plus 2x15 menit dan akan dilanjutkan dengan adu penalti yang akan dimenangkan oleh Polandia.

[hs]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar